Suka duka KRL Commuter Line Serpong - Tanah Abang

By Mayawa Gi - Desember 16, 2014

Lama tinggal di Solo, mae jadi ga update ma dunia perkereta-listrik-an di jakarta, hihi. Pas pulang kampung ke TangSel belum lama ini, coba lagi jalan-jalan naik KRL.

Ini link suasana di dalam KRL dan Stasiun tanah Abang : //www.youtube.com/watch?v=Rph4ZiC7Dic&feature=youtu.be

Selasa, 9 Desember 2014
Dari rumah jam 9 pagi, cuzz bareng Michael naik motor pinjeman ke Stasiun Sudimara (Pondok Aren). Pas mau masuk parkiran, cuma ada palang parkir, ga ada tombol tiket dan ga ada penjaga *celingukan khas orang desa*.

Trus nanya ma tukang ojek, "ini yang jaga kemana, bang?"
Tukang ojek, "punya kartunya kaga, neng?"
Mae, "kartu apaan?"
Tukang Ojek, "BRIzzi, apa BCA flazz..."
*Mae & Michael geleng2 bengong*
Untung tukang ojeknya baik. Memang ga bisa masuk parkiran stasiun klo ga punya e-money. Jadi atas petunjuk Bang Ojek yang baik, kami diarahkan menyusuri gang sempit menuju pohon mangga, di situ ada rumah warga yang dijadikan tempat penitipan motor.
Oke. masalah parkir beres.

PD aja masuk stasiun lewat pintu biasanya yg kita masukin beberapa tahun lalu, haha


Walaupun merasa agak aneh, koq gerbangnya rapet gtu.. Mae tetap masuk lewat pintu kecil yg sebenernya di kunci *Mae buka kuncinya, bukan manjat pager lo yaa*..

Liat2 bentar trus menuju loket tiket "yg biasanya jual tiket KRL beberapa tahun lalu"

Mae : "beli tiket ke tanah abang, pak"
Bpk2 di dalam loket : "sini jualnya tiket pesawat, neng" *senyum aja kirain bapaknya becanda, maklum klo orang cantik kn banyak yg godain, wkwkkk* "klo mo beli tiket kereta itu lewat peron ke atas loketnya di situ"
GUBRAAKKK
yaudah deh,, setelah blg thank you, cuzz mengikuti petunjuk.

sebelum Mae sampai di loket, harus lewat gerbang itu lo yg orang2 lewat scan kartu dulu. *apa namanya, kuper*
Satpam : "kartunya mana?" (tampang galak)
Mae : " lah ini baru mo beli" (pasang tampang bego, pdhl aslinya iya, ahayy)
Satpam : "koq bisa masuk?" (galaknya ilang dikit)
Mae : "iya, lewat pintu sana yg dulu pintu masuk"
Trus satpamnya geleng2 sambil scan kartunya sendiri, hehe.. 

Sekarang pintu masuknya tuh udah pindah di sebelah pintu tadi, nih :


Ya, ampun, gara2 mikirin parkir sampe ga lihat ada gate segitu gede *tepok jidat tetangga*

Lanjut. sampailah ke loket tiket. nanya2 petugasnya. Untung petugasnya baik, jelasin dengan sabar. Klo sekarang naik KRL harus pake e-money, salah satunya kartu BRIzzi (e-money dari BRI). Uang jaminan kartu 5 ribu. klo ga salah 5 stasiun pertama 2 ribu, 3 stasiun berikutnya tambah seribu. Kartu harus di scan di pintu masuk dan pintu keluar. Uang jaminan kartu bisa di refund maksimal 7 hari setelah transaksi.

Harga tiket KRL dari stasiun sudimara ke stasiun tanah abang 2 ribu aja. Muraaahhhh gilaaa.. *style orang kaya* padahal terakhir naik KRL itu harganya masih 7 ribu. Dulu itu lebih milih naik kereta ekonomi yg 1.500. tapi orangnya bejubel gtu, haha.. jadi ingat waktu pertama kali naik PRAMEX di Solo pas harganya masih 9 ribu, itu aja Mae bilang mahal. Pantess,, biasa naik yg 1.500-an *maklum, kere :(

Ini penampakan stasiun sudimara setelah renovasi (yg membingungkan ini)


Ini kondisi di dalam KRL yg sejuk.Jangan lihat orang yg bejubel yaa. ini belum seberapa. Kesan Mae siy ini moda transportasi yg nyaman koq :)


Tambahan pelayanan yg paling Mae suka adalah adanya broadcast setiap akan sampai di masing2 stasiun, kayak di transjakarta pas masih baru (waktu speakernya belum pada mati, haha). "Sebentar lagi kita sampai di stasiun Palmerah. Persiapkan barang bawaan anda. Jangan sampai ada yang tertinggal". Broadcast kayak gini penting banget buat manusia cacat geografi kayak Mae. Secara Mae ga bakalan ingat satu persatu ini udah sampai stasiun mana dan harus turun dimana. Klo terlalu sering nanya orang kan malu juga ^___^

Selain mendengar nama-nama stasiun. Tiba-tiba pengeras suara bunyinya lain *bikin merinding* kirain ada apaan.. "Pelanggan yang terhormat. perlu anda ketahui bahwa pada hari ini tanggal 9 desember, tepat satu tahun yang lalu, jam 11 siang, terjadi kecelakaan kereta api di perlintasan pondok betung, bintaro, yang menewaskan 3 orang. Mari sejenak kita mengheningkan cipta seraya berdoa untuk para korban. semoga ini menjadi pelajaran agar kedepannya kita lebih berhati-hati lagi"

Ternyata di stasiun tanah abang ada prasati ini :
Welcome to tanah abang *lebayyy*





Rencananya di tanah abang, Mae dan Michael mau ke Museum Tekstil. Trus lanjut naik KRL lagi ke Museum-museum lain di daerah KOTA. 

Ekspresi sahabat mae : 'kamu ga belanja di pasar tanah abang, mae? Jauh2 dari Solo, kamu ga menginjakan kaki ke pasar tekstil terbesar se-Asia tenggara itu???"
Mae : "Sorry, guys... Mae cewek smart yang ga suka belanja"
Sahabat Mae : *nimpukin sendal* "bilang aja lo kaga punya duit, wuuuu..."

Iya, hari ini mae bahagia banget bisa jalan2 berdua Michael dan dapat petualangan2 seru. Sore harinya pas ambil motor, bayar parkirnya 5 ribu, bro! mahalan parkir ma naik kereta *yaiyalah*. udah gitu itu motor pinjeman mogok. di starter sampe pegal banget ngga nyala juga. Dan mirisnya tetap di usir ama yang punya parkiran. jd kita dorong motor gitu, hiks hiks.. Setelah beberapa lama, setelah bongkar2 busi dan di lap sampe licin, setelah banyak doa dipanjatkan, *cieee..* motornya nyala. Pulaaaaaangggg.... :)

Ada apa siy di Museum Tekstil?
Cek posting selanjutnya yaa :)



  • Share:
  • facebook

You Might Also Like

0 comments