Review RS JIH Solo, Begini Peralatan Medis dan Fasilitas Kamarnya!

By Mayawa Gi - Saturday, November 09, 2019

Saya pernah punya pengalaman buruk tentang rumah sakit. Saat itu sebagai pasien saya seperti hanya dijadikan objek, yang tidak bisa memilih tindakan medis dan terapi seperti apa yang akan saya terima. Saya juga tidak mendapatkan hak saya untuk memperoleh penjelasan yang lengkap tentang kondisi kesehatan saya. Tapi itu cerita beberapa tahun lalu. Saat itu, di Solo belum ada Rumah Sakit JIH yang menciptakan layanan “Patient Center Care”, yaitu layanan kesehatan dengan menempatkan pasien sebagai subjek yang memiliki kebebasan untuk menerima penjelasan secara lengkap dan memilih tindakan medis yang akan diterimanya.

Rumah Sakit JIH Solo telah resmi dibuka hari ini, tanggal 9 November 2019. Senang sekali saya  bisa menghadiri langsung acara Grand Opening RS JIH Solo ini dan keliling rumah sakit untuk melihat berbagai fasilitasnya. Saya juga bisa mengobrol banyak dengan pihak manajemen rumah sakit dan para stakeholder. Pokoknya Takjub!



Terletak di Jl. Adi Sucipto No. 118, Surakarta, Jawa Tengah, RS JIH Solo hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat di Solo Raya dan Jawa Tengah akan layanan kesehatan yang terpadu dan komprehensif. RS JIH Solo ini memiliki visi menjadi rumah sakit pilihan yang Rahmatan Lil Alamin dengan layanan profesional, modern, dan berbasis nilai ke- Islaman. Makin penasaran gak sih sama keunggulan dan fasilitas di RS JIH Solo ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Keunggulan Rumah Sakit JIH Solo

Ada banyak rumah sakit di Solo Raya. Sejak awal pendiriannya, Rumah Sakit JIH Solo telah memetakan keunggulan-keunggulan yang akan diusung untuk menjadikannya berbeda dan melengkapi dari rumah sakit yang telah ada. Saya melihat sendiri secara sekilas betapa tagline “The Ultimate Value Health” bukan sekadar isapan jempol. Berikut ini beberapa keunggulan RS JIH Solo.   

1. Tenaga Medis Profesional

Tenaga medis di Rumah Sakit JIH Solo merupakan para professional pilihan yang kompeten di bidangnya. Saat ini, RS JIH Solo didukung oleh 9 dokter umum, 61 dokter spesialis, serta perawat dan paramedis professional yang siap memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat di Solo Raya. Dari deretan nama-nama dokter di RS JIH Solo, pasti banyak diantaranya yang sudah kamu kenal karena memang merupakan dokter-dokter yang cukup tersohor di Solo Raya.

2. Peralatan Medis Canggih dan Lengkap


Sebagai rumah sakit baru, peralatan medis yang digunakan di Rumah Sakit JIH Solo merupakan peralatan yang masih baru dengan teknologi canggih. Peralatan medis yang dimiliki pun cukup lengkap dan modern. Peralatan medis ini sangat penting untuk membantu dokter dalam menegakkan diagnosa penyakit. Dengan diagnosa yang lebih tepat, terapi yang diberikan bisa lebih efektif untuk membantu kesembuhan pasien.


3. Layanan Setiap Saat

Saya banyak mendengar cerita dari teman-teman yang merasa kesulitan mencari dokter spesialis yang praktik ketika malam hari atau pada waktu tertentu, terutama pada hari minggu atau hari libur. Biasanya teman-teman yang sedang hamil, memiliki anak kecil, atau mungkin sakit gigi. Ketika mengalami masalah kesehatan pada hari minggu, biasanya baru bisa mendapatkan penanganan dokter spesialis pada hari senin. Duh, kasihan kan?

Rumah Sakit JIH Solo menepis kekhawatiran ini. Khusus untuk dokter spesialis di Poli Anak, Obsygin (Kebidanan dan Kandungan), Penyakit Dalam, dan Gigi akan selalu siap melayani dari pagi hingga malam, termasuk pada hari minggu dan libur. Sedangkan untuk Poli lainnya siap melayani dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.00 sampai 21.00. Namun kamu tidak perlu khawatir ketika jam operasional poliklinik berakhir. Layanan UGD terbuka 24 jam, 7 hari seminggu, untuk menolong pasien yang dalam keadaan gawat darurat.

4. Suasana yang Nyaman Layaknya Hotel Berbintang

Banyak orang yang takut berkunjung ke rumah sakit. Apalagi ditambah dengan banyaknya film yang menggambarkan betapa seramnya rumah sakit. Desain interior yang membosankan dan bau obat-obatan serta desinfektan biasanya menjadi hal yang melekat pada citra rumah sakit. Eits, jangan salah. Sebaliknya, berada di Rumah Sakit JIH Solo malah bikin betah, loh.

Dari luar saja gedung RS JIH Solo sudah tampak mentereng. Masuk ke lobi sudah terasa seperti di lobi hotel berbintang. Desain interiornya berkelas dengan furniture pilihan yang mewah. Dimana-mana banyak spot yang instagramable.  Tersedia juga minimarket dan coffee shop buat kongkow santai. Selain itu, semua karyawan RS JIH Solo memberikan pelayanan syariah yang ramah, bersahabat, dan profesional tanpa membedakan SARA.


Fasilitas di Setiap Tipe Kamar Rawat Inap RS JIH Solo

Menginap di rumah sakit bukanlah hal yang menyenangkan, baik bagi pasien maupun bagi keluarga yang menunggunya menginap. Padahal, istirahat yang cukup dan kenyamanan selama perawatan sangat berpengaruh terhadap proses kesembuhan pasien. Oleh karena itu, Rumah Sakit JIH Solo berkomitmen untuk memberikan layanan dan fasilitas yang nyaman layaknya rumah sendiri, dnegan tetap mengutamakan privasi pasien. Berikut ini jenis-jenis kamar di Rumah Sakit JIH Solo berdasarkan kelasnya dan fasilitas yang ada di dalamnya.

President Suite Room

Suite Room


VVIP Room dan VIP Room di RS JIH Solo


Main Class Room dan Kamar Kelas 1


Kamar Kelas 2 dan Kamar Kelas 3 di RS JIH Solo


Cara Pendaftaran Pasien RS JIH Solo Secara Online

Hal utama yang bikin saya paling malas untuk periksa ke dokter spesialis di rumah sakit adalah proses pendaftaran yang ribet dan harus antre lama. Selama ini saya lebih memilih periksa ke klinik kecil atau praktek dokter di rumah yang alur pendaftarannya lebih sederhana dan antreannya tidak berbaur dengan antrean pasien dokter lain. Kalaupun terpaksa harus ke rumah sakit, saya memilih rumah sakit yang menerima pendaftaran secara online. Sayangnya, belum banyak rumah sakit yang sistem pendaftarannya  memanfaatkan berbagai platform dan secara online.

Nah, system pendaftaran pasien di Rumah Sakit JIH Solo ini menepis kekhawatiran saya. Untuk daftar periksa ke poli dokter spesialis, kita tidak perlu datang lebih awal untuk antre lama. Kita bisa memanfaatkan layanan pendaftaran online di RS JIH Solo. Bisa melalui telepon, SMS, Whatsapp, maupun melalui website www.rs-jih.co.id/login.

Cara mendaftar poli dokter spesialis di Rumah Sakit JIH Solo melalui telepon sangat mudah. Kamu bisa langsung menghubungi nomor telepon 0271 – 7479100. Lalu sampaikan data berupa nama pasien, tanggal lahir, dokter spesialis yang dituju, dan jenis penjaminan apakah pribadi atau asuransi. Demikian juga dengan cara mendaftarkan pasien melalui SMS atau Whatsapp ke nomor 081-1500-805, kirimlah pesan dengan format berikut :

Daftar / Tanggal kunjungan / Nama / Tanggal lahir / Dokter spesialis / Penjamin pribadi atau asuransi

Nah, mudah sekali bukan? Jadi kita bisa dapat kepastian tanggal periksa dan proses pendaftaran di rumah sakit bisa menjadi lebih singkat. Tau sendiri kan ya kalau orang sakit tuh ga bisa disuruh menunggu terlalu lama.

Nah, itu dia review Rumah Sakit JIH Solo. Sebagus-bagusnya rumah sakit, tapi siapa sih yang mau menginap di rumah sakit? Saya mau! Iya, menginap di rumah sakit tidak harus sakit, kok. Misalnya, saya ingin menginap di RS JIH Solo untuk melahirkan anak pertama saya. Bantu aamiin kan yaa, hehe.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meninggalkan komentar