Inilah Cara Pindah Faskes/Dokter BPJS Kesehatan Anda!

By Mayawa Gi - Juni 15, 2016


Masih ingat dengan postingan Mae tentang mengurus perpanjangan SIM? 
Yah, akhir-akhir ini Mae jadi tertantang untuk mencoba berbagai prosedural di berbagai lembaga. Mae mencoba zero-mind saat memasuki kantor-kantor untuk mengurus berbagai keperluan.


Beberapa waktu lalu Mae ke kantor BPJS Kesehatan Surakarta, yang beralamat di Jalan Kh Agus Salim, Sondakan, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Sebagai karyawan swasta, sebenarnya masalah pendaftaran, iuran bulanan, dan keperluan lain sudah diurus bagian SDM perusahaan tempat Mae bernaung. Tapi kali ini Mae mau mengganti dokter gigi.

Fyi, saat mendaftar BPJS Kesehatan pertama kali, salah satu isian dalam formulir adalah memilih faskes 1 (dokter umum / puskesmas, dan dokter gigi). Nah, dulu Mae pernah ganti dokter umum karena dokter pertama itu galak, judes, dan diskriminatif. Trus dokter umum yang sekarang sangat baik hati, cerdas, dan akomodatif dengan kebutuhan pasien. Beberapa tahun hidup mae damai bahagia karena dokter umum dan dokter gigi yang Mae pilih sangat oke.

Lalu beberapa hari lalu Mae harus ke dokter gigi, tapi ternyata dokter gigi yang Mae pilih sudah tidak melayani peserta BPJS kesehatan. Nah loh, kok ga ada pemberitahuan. Yaudahlah akhirnya Mae meluncur ke kantor BPJS untuk mengubah dokter gigi, rekomendasi dari teman, dokter gigi di Assalam Medical Center Sukoharjo itu Joss.


Memasuki gedung pelayanan, kita disambut security ramah, bilang aja keperluan kita apa. Lalu ambil nomer antrian. Untuk pengajuan perubahan data, kita di minta mengisi formulir. Jadi yang kita isi di formulir itu data yang berubah saja.

Antrian tidak terlalu ramai. sekitar 10-15 orang, tapi pelayanan lumayan cepat. eh, satu jam antri tuh lama ya? Lalu saat tiba giliran Mae, ternyata kalau Mae mau dokter gigi di Assalam Medical center , maka dokter umumnya juga harus diganti di klinik yang sama. Yahh, Mae sayang sama dokter umum yang lama soalnya udah punya banyak rekam medik Mae dari jaman baru pindah di Solo. Secara kan dulu hampir tiap bulan ke dokter.

Akhirnya Mae memilih Klinik Gigi dan Mulut Mecadita Danukusuman, Solo. Waktu itu ga ngerti lokasinya dimana dan pelayanannya gimana. Cuzz... tik tik tik tik.. voila! cuma 1-2 menit si mbak BPJS bilang, "sudah selesai diubah, mbak. Hari ini sudah bisa langsung ke dokter gigi yang baru" Beberapa detik Mae bengong. It's so simple!

Mbak yang melayani Mae :)
Beberapa hari kemudian, Mae mulai cari info tentang klinik gigi yang Mae pilih. Mae googling Mecadita Solo. Ternyata ada yang di Danukusuman dan ada yang di Punggawan. Mae telpon yang di Punggawan, karena lokasinya lebih dekat. Ternyata bisa juga dipakai disana. Melalui telpon Mae dapat jadwal dokter yang perempuan.

Cuzz Mae ke Klinik Gigi dan Mulut Mecadita Jl. dr. Soepomo, Punggawan. Ketemu dokter gigi Surya. Ini cewek loo.. RAMAH! cocoklah Mae sama dokter ini. Kita menjadwalkan bulan depan perawatan lagi. Jadi, kalau perawatan pakai BPJS Kesehatan itu cuma boleh satu kali setiap bulannya, kecuali kalau sakit.

Gimana? Apakah kisah Mae ini bisa memberikan gambaran untuk sahabat Mae? Soalnya Mae lihat banyak sekali sahabat yang tidak mengerti cara menggunakan BPJS Kesehatan. Banyak teman yang kalau sakit ya ngga pakai BPJS. Kan sayang tow iurannya udah dibayar rutin tapi tidak dimanfaatkan :)

Jangan lupa bahagia ya!

Kalau gigimu sehat, makanan enak menunggumu. Ini beberapa diantaranya :




  • Share:

You Might Also Like

19 comments