Cerita dan Rekomendasi Kuliner Selat Solo yang Tersohor

By Mayawa Gi - Oktober 16, 2021

Kuliner Selat Solo ( foto : dapursolo )

Ini unik! Kalau kamu tahu Kota Solo, baik pernah mengunjunginya langsung atau sekedar melihat letaknya di peta, kamu pasti paham bahwa Kota Solo tidak berbatasan dengan laut. Percayakah kamu, walaupun tidak berbatasan dengan laut, ternyata Kota Solo punya selat! Hahaha, tentu saja kamu harus percaya, karena SELAT SOLO merupakan nama salah satu kuliner yang cukup terkenal. Yuk, kita simak cerita dan rekomendasi kuliner selat solo yang tersohor berikut ini!

Cerita Tentang Kuliner Selat Solo

KulinerSelat Solo sudah tersohor sejak ratusan tahun yang lalu, tepatnya saat nama negara ini masih Hindia Belanda. Pada waktu itu, banyak warga Eropa yang tinggal dan berbaur dengan warga lokal. Tentu saja, kebudayaan dan ragam kuliner Eropa turut serta meramaikan Nusantara. Tak terkecuali di Kota Solo. Warga Solo pada masa itu kerap menjumpai ragam kuliner ala Eropa yang disajikan dalam acara-acara jamuan makan.

Nenek moyang kita kreatif dalam mengadaptasi olahan kuliner. Beberapa jenis makanan dari Eropa dimodifikasi sedemikan rupa untuk menyesuaikan selera lidah pribumi. Selain terkait selera, beberapa makanan dimodifikasi dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau. Sebut saja roti dan susu. Makanan populer di Eropa ini dinikmati Warga Solo dalam bentuk modifikasi kuliner bernama pis roti. Pis roti merupakan kuliner khas Solo yang terbuat dari roti tawar dan santan, sebagai pengganti susu.

Kuliner Selat Solo juga merupakan hasil modifikasi dari kuliner eropa. Jika biasanya masyarakat Eropa memakan Beef Steak, maka di Solo kita akan mengenal kuliner Bistik. Kemudian berkembang lagi inovasi kuliner yang dilakukan oleh nenek moyang kita, Kuliner Selat Solo hadir dari perpaduan antara Beef Steak dan Salad.

Kuliner Selat Solo  (foto : www.instagram.com/wiwiekhanafiyuwono)

Seperti Beef Steak, bahan utama dari  Selat Solo adalah daging sapi. Pada saat ini, Kuliner Selat Solo lebih populer menggunakan olahan daging sapi yang disebut Galantin, dibandingkan potongan daging sapi. Kemudian daging atau Galantin ini disiram saus berwarna cokelat yang terbuat dari kecap manis, kecap Inggris, dan bumbu rempah-rempah seperti kayu manis, pala, pekak, dan cengkeh. Beberapa jenis sayuran, bawang bombay, dan mayones juga ditambahkan, sekilas seperti salad. Aroma yang menguar sangat khas dan akan membuat lidah ingin segera mencicipinya.

Dalam seporsi Kuliner Selat Solo, kita akan melihat daging atau Galantin di tata cantik bersama dengan makanan pelengkap lainnya. Mungkin kita akan melihat komposisi yang berbeda pada setiap rumah makan. Namun pada umumnya, sepiring Kuliner Selat Solo akan berisi daging sapi, galantin, dan telur rebus berwarna cokelat. Kuliner Selat Solo juga dilengkapi dengan kentang dan buncis rebus, keripik kentang, daun selada,  dan kacang polong. Sudah terbayang bagaimana lezatnya?

Rekomendasi Kuliner Selat Solo yang Tersohor

Kalau kamu tidak tinggal di Kota Solo, jangan khawatir. Kuliner Selat Solo sudah banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia. Tapi, belum sah rasanya kalau kamu tidak pernah mencicipi langsung Kuliner Selat Solo di tempat-tempat legendaris berikut ini. Intinya, kamu harus tetap ke Solo! Hahaha.

1.        Selat Vien’s

Selat Vien's memiliki beberapa cabang di Kota Solo. Selat Vien's pusat terletak di daerah Punggawan, tidak jauh dari Stasiun Balapan Solo. Warungnya tidak terlalu besar, tetapi sangat ramai dan padat pengunjung. Ya, ramai merupakan salah satu ciri makanan enak, bukan? 

Harga satu porsi selat daging galantin berkisar antara 11-15 ribu rupiah saja. Jika ingin menikmati Selat Vien's dengan kondisi yang lebih nyaman, kamu dapat mengunjungi cabang Selat Vien's di Solo Grand Mall atau Transmart Pabelan. Selat Vien's juga hadir di foodcourt RS. DR. Oen Kandang Sapi. Jadi tidak perlu khawatir krisis makanan enak saat kamu bertugas menjaga keluargamu yang dirawat di rumah sakit ini. 


Selat Vien’s (Pusat)
Lokasi : Ruko Srambatan, Jalan Hasanudin No.99 B, Punggawan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
Telepon : 082243339009
Buka : 07.00 – 17.00

Selat Vien’s Transmart Pabelan
Lokasi : Transmart Pabelan, Area Solo Kuliner, Lantai G, Jalan Ahmad yani No.234, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Telepon : 08112955807
Buka : 09.00 – 22.00

Selat Vien's Transmart Pabelan (foto : nirmalamedia )

2.        Selat Mbak Lies

Selain menikmati Kuliner selat solo, di Warung Selat Mbak Lies ini kamu bisa foto-foto cantik. Karena desain interior warung ini instagenic banget. Lokasi Warung Selat Mbak Lies memang masuk gang, bukan di pinggir jalan besar. Namun kamu dapat dengan mudah menemukannya dengan menggunakan aplikasi peta online maupun bertanya pada warga sekitar. Di Warung selat Mbak Lies ini Selat Solo disajikan dengan potongan daging sapi, bukan galantin.

Selat Mbak Lies
Lokasi : Jalan Veteran, Gang II No. 42, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 653332
Buka : 08.00 – 17.00

Selat Solo di Warung Selat Mbak Lies (foto :www.instagram.com/asihnurlitasari)

3.     Selat Kusuma Sari

Restoran Kusuma Sari menawarkan menu yang cukup lengkap. Selain Selat Solo, kamu juga dapat menikmati setup makaroni, kroket, sup matahari, dan banyak lagi. Jangan lupa juga untuk mencicipi es krim di restoran ini. Lokasinya sangat terjangkau di tengah kota, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi. Kondisi di Restoran Kusuma Sari terbilang nyaman dengan ruangan yang cukup luas yang ber-AC. Namun harganya menyesuaikan kenyamanannya juga ya!

      Selat Kusuma Sari
Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.111, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 656406
Buka : 09.00 – 21.00

Kuliner Selat Solo di Restoran Kusuma Sari (foto : www.instagram.com/radjazashaquilano )

 4.      Selat Tenda Biru

Warung Tenda Biru menjual berbagai makanan khas Solo. Kabar baiknya, semuanya enak! Ada sup matahari, gudeg ceker, dan tentu saja Selat Solo. Kalau ingin ke Warung Tenda Biru, sebaiknya kamu tidak membawa kendaraan roda empat, karena area parkirnya sangat terbatas. Untuk harga, warung ini cukup murah-meriah.

Selat Tenda Biru
Lokasi : Jl. K.H. Samanhudi No.1, Bumi, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : 082137428333 / 081215393845
Buka : 09.00 – 21.00

Kuliner Selat Solo Warung Tenda Biru (foto : www.instagram.com/rafif_savaadyvka93)

5.      Selat Adem Ayem

Restoran Adem Ayem terkenal dengan menu gudeg. Tapi, tahukah kamu kalau Selat Solo Adem Ayem juga tak kalah enaknya? Lokasi strategis di Jalan Slamet Riyadi membuat restoran ini kerap menjadi tujuan wisata kuliner orang-orang dari luar kota. Tempatnya luas dengan area parkir memadai. Soal harga jangan ditanya, tentu menyesuaikan dengan "tingkat kesohorannya".

Selat Adem Ayem
Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.271, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon : (0271) 712891
Buka : 06.00 – 21.30

Kuliner Selat Solo di Restoran Adem Ayem (foto : https://www.instagram.com/hastriratna)

Kalau kamu mager di hotel di Kota Solo tetapi ingin melahap Kuliner Selat Solo yang terenak dan tersohor, gunakan saja aplikasi pesan antar di smartphonemu. Dengan cara ini, kamu juga tidak perlu bosan menunggu saat antri dan terbebas dari kemacetan (iya, sekarang Solo macet mulu). Kelemahannya adalah kamu tidak bisa foto-foto di tempat makan hits tersebut. Trus, postingan instagram-mu yang bilang “lagi makan Selat Solo”, dikira hoax!


Jadi, kapan makan Selat Solo bareng aku?

  • Share:
  • facebook

You Might Also Like

87 comments