Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan Berdasarkan Pengalaman Pribadi

By Mayawa Gi - November 10, 2021

 


Bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan? Berdasarkan pengalaman saya pribadi, gangguan kecemasan bukanlah sesuatu yang muncul secara tiba-tiba. Ya, mungkin ada pemicunya yang muncul tiba-tiba, namun pengalaman masa lalu yang terpendam dan menumpuk sangat memengaruhi munculnya gangguan di masa kini. Oleh karena itu, penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Rasa cemas merupakan perasaan yang wajar untuk menyiapkan diri kita lebih waspada terhadap potensi bahaya yang mengancam. Namun, cemas berlebihan atau gangguan kecemasan (anxiety disorder) adalah masalah kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan cemas dan takut berlebihan terhadap sesuatu yang sering kali tidak masuk akal.

Isu tentang kesehatan metal kian mencuat akhir-akhir ini. Di Indonesia sendiri terdapat 2 juta kasus gangguan kecemasan setiap tahun. Semakin tingginya tuntutan dalam pekerjaan, ditambah lagi pola makan yang berantakan dan sering begadang menjadi pemicu munculnya berbagai gangguan psikis, seperti stres, insomnia, serangan panik, dan gangguan kecemasan.

Banyak orang yang telah mengalami gangguan kecemasan namun belum menyadarinya. Awalnya masalah kesehatan mental ini hanya menunjukkan gejala yang ringan, sehingga cenderung diabaikan. Kadang-kadang, kepedulian terhadap kesehatan mental ini dikalahkan dengan tuntutan biaya hidup. Misalnya nih, saking butuhnya duit sehingga berusaha bertahan di lingkungan kantor yang toxic.

Kesehatan mental bukanlah masalah sepele. Kalau sudah parah, nanti menyembuhkannya juga susah, huhu. Agar lebih waspada tentang kesehatan mental, khususnya gangguan kecemasan dan serangan panik, pahami dulu tentang ciri-ciri gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan yang masih bisa ditangani sendiri dapat sembuh dengan berbagai usaha yang kamu lakukan. Namun, jika gangguannya sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-sehari, sebaiknya kamu meminta bantuan ahlinya, yaitu psikiater maupun psikolog.

Saya sendiri sempat beberapa kali konsultasi dengan psikiter dan psikolog. Para ahli tersebut pun menyampaikan bahwa dokter atau siapapun hanyalah membantu, keberhasilan penyembuhan tergantung dengan usaha diri sendiri. Ya ibaratnya kayak orang fitness, dokter sebagai instruktur yang mengarahkan latihan, tapi kan otot kita ga bakal jadi gede klo kita sendiri malas olah raga, yekan?

Cara mengatasi gangguan kecemasan yang sangat efektif berdasarkan pengalaman saya pribadi, literasi yang saya baca, dan hasil konsultasi dengan psikiater, dapat disimpulkan menjadi pengaturan 3P yakni pola makan, pola hidup, dan pola pikir.

1. Mengatur Pola Makan

Gangguan kecemasan yang tergolong sebagai masalah psikis sebenarnya juga dapat dipengaruhi oleh gangguan fisik. Beberapa penyakit fisik yang memiliki risiko menimbulkan gangguan kecemasan antara lain gangguan asam lambung atau GERD, hiper tiroid, dan iritasi usus atau IBS.

Pola makan sangat erat kaitannya dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bisa dibilang, apapun jenis penyakitnya, mengatur pola makan adalah hal mutlak yang perlu dilakukan untuk membantu proses penyembuhan disamping adanya tindakan medis dan obat-obatan yang mungkin diperlukan.

Saya sendiri memiliki masalah dengan lambung yang orang awam menyebutnya sakit maag. Penyakit ini bukan penyakit turunan, namun jangan lupa bahwa gaya hidup dan pola makan bisa menurun. Dokter yang merawat Ayah saya dulu mendiagnosa kalau penyakit lambung Ayah saya sudah parah dan akhirnya meninggal dunia dengan penyakit tersebut.

Alhamdulillah, sekarang saya lebih peduli untuk mengatur pola makan. Saya awali hari dengan minum air hangat ditambah air perasan lemon atau jeruk nipis. Kemudian saya sarapan buah-buahan di pagi hari sebelum makan makanan apapun.

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa waktu makan harus teratur, jangan sampai terlambat. Misalnya makan siang harus jam 12 siang dan makan malam jam 7 malam. Kemudian diselingi dengan makanan kudapan pada jam 4 sore. Pastikan cukup minum air putih dan semua makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat.

Saya enggak akan membahas tentang jenis makanan sehat, blablabla. Pasti teman-teman semua sebenarnya sudah mengetahui mana makanan yang sehat dan mana yang tidak sehat. Secara gampangnya, makanan yang paling baik adalah yang masih asli dari sumbernya dan melalui proses yang singkat. Misalnya, sayuran baru dipanen langsung kita cuci dan makan :)

Terlihat bercanda tapi serius, loh. Makanan yang sudah diproses panjang dan dimasak berkali-kali tidak direkomendasikan untuk sering dikonsumsi. Kalau sekadar buat hiburan boleh saja tapi jangan terlalu sering. Menjaga pola makan ini merupakan usaha sepanjang waktu yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan.


2. Mengatur Pola Hidup

Pola hidup seperti apa sih? Mengatur pola hidup yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik sekaligus kesehatan mental, termasuk mengatasi gangguan cemas berlebihan. Hindari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, bersama dengan orang yang merokok, rebahan sambil scroll Tiktok, dan sering begadang tiada artinya.

Mengatur pola hidup yang tepat merupakan salah satu cara mengatasi gangguan kecemasan yang penting untuk dilakukan. Cara-cara sederhana yang saya lakukan antara lain selalu tidur siang sebentar, mulai tidur malam paling telat jam 10 malam, dan minimal tidur berkualitas 7-8 jam setiap hari.

Saya sangat berusaha untuk tidak terpapar asap rokok. Suami saya tidak merokok dan tidak ada keluarga saya lainnya yang merokok. Ketika di tempat umum ada yang merokok, sebisa mungkin saya menghindarinya atau saya menegur orang yang merokok sembarangan tersebut.

Selain itu, saya juga berusaha untuk rutin olah raga setiap hari. Olah raga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres dan mengatasi gangguan kecemasan. Saat olah raga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia dan menekan hormon kortisol yang merupakan penyebab stres.

Olah raga yang saya lakukan antara lain jogging, bersepeda santai, dan badminton. Sering kali, saya juga olah raga senam jantung sehat dan yoga mengikuti gerakan dari instruktur melalui video Youtube. Ada berbagai macam latihan yoga yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan.

3. Mengatur Pola Pikir


Sering kali orang yang mengalami gangguan kecemasan mengalami overthinking dan kepikiran takut mati melulu. Orang yang tidak memiliki masalah gangguan kecemasan mungkin tidak paham dan heran, kok bisa sih berpikir seperti itu?

Psikiater saya sangat mewanti-wanti untuk jangan menganggur dan melamun. Sebisa mungkin usahakan untuk sibuk dan punya kegiatan yang membuat kita happy. Lakukan hobi yang disukai dan bersenang-senang untuk menghindari stres dan masalah cemas berlebihan.

Selain bekerja sebagai editor dan penulis freelance, saya memiliki banyak kegiatan yang menyenangkan di rumah. Saya menanam dan merawat berbagai jenis tanaman hias, membuat video tutorial memasak di Youtube, dan menonton drama Korea.

Saya juga sangat suka bermain game online. Banyak manfaat dari bermain game, antara lain mengurangi stres, sebagai hiburan menyenangkan yang menyegarkan pikiran, serta melatih konsentrasi dan merancang strategi yang jitu.

Saat stres dan cemas berlebihan, saya akan menyalakan laptop dan mulai bermain game favorit saya. Oh iya, saya ada rekomendasi website untuk bermain games gratis yang bagus banget. Situsnya bebas iklan serta ada ribuan games yang tersedia dan terus di-update setiap harinya. Jadi bisa pilih games apa yang paling kita sukai, mulai dari games teka-teki, bangun kerajaan, balapan, tembak-tembakan, perang-perangan, dan lain-lain banyak banget. Yup, saya bermain game online di website https://plays.org/

Biasanya saya bermain game Catur "Play Chess Game Online" di situs Plays.org. Saya sangat suka permainan Catur, fyi seluruh keluarga saya bisa bermain Catur sejak kecil, bahkan Kakak saya adalah wasit catur bersertifikat. Bermain Catur bisa melatih konsentrasi, kehati-hatian dalam melangkah, dan melatih otak untuk merumuskan strategi.

Saya bisa bermain catur di Plays.org bersama suami, keluarga, atau bermain sendiri melawan mesin otomatis. Kita juga bisa mengatur tingkat kesulitan permainan. Bermain Catur melalui website seperti ini lebih praktis karena tidak perlu membereskan bidak catur sebelum dan setelah selesai bermain, gak perlu takut bidak caturnya hilang juga :D

Game favorit saya lainnya di situs Plays.org adalah "Splashand Bubbles Fintastic Fish Maker". Saya suka banget sama visual animasinya yang gemes dan backsound air blebek-blebek. Efektif banget buat hiburan dan mengurangi stres. Voice over permainan ini juga lucu bikin happy dengernya. Alur game-nya sendiri sederhana enggak butuh banyak mikir tapi tentu saja ada level-levelnya, sangat cocok buat hiburan di kala suntuk.

Masih ada ribuan games lainnya yang bisa dipilih sesuai dengan kegemaran masing-masing. Di bagian bawah situs Plays.org tersedia berbagai kategori permainan yang bisa di-klik. Misalnya kategori "Chess" memiliki banyak jenis games catur yang berbeda-beda.


Psikiater saya pun merekomendasikan untuk bermain game online karena dapat mengalihkan pikiran dari hal-hal negatif, overthinking, dan membantu meredam gejala serangan panik yang muncul. Bermain game online bermanfaat sebagai hiburan yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah di rumah. Namun, tentu saja kita perlu membatasi sendiri apapun yang dilakukan jangan sampai berlebihan.

Nah, saya sudah menerapkan sendiri 3 cara mengatasi stres dan gangguan kecemasan yang telah dijelaskan di atas. Sampai akhirnya sekarang kesehatan mental saya dapat terjaga dan bisa memiliki hidup yang lebih berkualitas. Perlu digarisbawahi bahwa seluruh usaha tersebut perlu dilakukan secara keseluruhan dan dijaga terus-menerus pola makan, pola hidup, dan pola pikir. Semoga kita semua selalu sehat dan berbahagia :)


  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. Pola makan ngaruh ya ke mental. Bener sih, aku juga ngerasain. Mulai serius diet nih mknya aku skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh sederhananya orang klo lapar aja jadi gampang marah-marah, kan? Hehe. Tapi emang kata dokter spesialis penyakit dalam tempatku periksa juga bilang begitu.

      Hapus
  2. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, sangat membantu sekali.
    Terutama setelah pandemi begini, jadi banyak hal yang bisa bikin cemas dan takut melanda. Pengetahuan ini membantu untuk tenang dan sehat secara mental.

    BalasHapus
  4. Ayumi Keisa10/11/21 11.08

    Aku juga suka banget main game online. Wah ternyata ada situs yang garis dan menyediakan banyak game, ya. Coba ah!

    BalasHapus

Terima kasih sudah meninggalkan komentar