Arti Self Reward, Manfaat, dan Contoh Self Reward Murah Meriah

By Mayawa Gi - November 16, 2021

Arti self reward bukan belanja kado yang mahal (Photo by Giftpundits.com from Pexels)

Arti self reward sering kali dibelokkan menjadi alasan untuk melakukan pemborosan. Terlalu sering membeli barang-barang sesuai keinginan secara berlebihan dengan alasan bentuk self reward bukanlah tindakan yang tepat. Alih-alih membahagiakan diri sendiri, bisa jadi kamu malah menyulitkan diri sendiri kalau terjerat utang di fintech lending ilegal. Sad :(

Self reward sangat penting untuk kesehatan mental. Namun, kita juga perlu berhati-hati terhadap perilaku boros berkedok self reward. Agar tidak salah memahami apa itu self reward, kita cermati uraian berikut ini, yuk!

Pengertian dan Manfaat Self Reward

Pengertian self reward adalah bentuk penghargaan yang kita berikan kepada diri sendiri atas pencapaian yang telah berhasil dilakukan. Self reward merupakan salah satu wujud dari self love atau mencintai diri sendiri.

Saya sangat menyadari bahwa selama ini saya terlalu keras pada diri sendiri. Sejak kecil saya termasuk orang yang sangat gigih untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai. Sayangnya, kehidupan saya dipenuhi banyak keterbatasan, sedangkan cita-cita saya setinggi langit.

Saya terus belajar dengan giat, mencari penghasilan tambahan, dan selalu berusaha menjadi sempurna. Nilai 90 atau 95 akan mengecewakan saya, saya memaksa diri untuk selalu mendapatkan nilai 100. Alhasil, saya tidak menyadari telah mengabaikan hak tubuh dan pikiran untuk bersantai dan bersenang-senang. Untungnya, itu hanya masa lalu, hehe.

Sekarang, saya berupaya untuk memiliki self awareness yang baik dan memperhatikan kebahagiaan hati dan pikiran. Salah satunya adalah dengan belajar dan menerapkan self love, termasuk self reward.

Self reward memiliki banyak manfaat untuk untuk kesehatan mental dan perkembangan diri.  Berdasarkan penelusuran dari Kumparan, manfaat self reward antara lain:

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan rentan menimbulkan kelelahan, baik pikiran maupun perasaan. Stres yang menumpuk dapat mengganggu kesehatan mental dan memicu penyakit seperti gangguan kecemasan, insomnia, sakit kepala, dan risiko penyakit jantung. Self reward sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental sehingga dapat terhindar dari risiko munculnya gangguan kesehatan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat self reward lainnya adalah dapat meningkatkan produktivitas. Dengan adanya self reward, kita telah menghargai diri sendiri dan menambah semangat untuk berkarya lagi. Motivasi yang meningkat berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja.

3. Membangun Pola Pikir Positif

Dilansir dari WebMD, ternyata pola pikir negatif dapat terbentuk dari terlalu sering mengeluh, merasa jadi korban keadaan, dan overthinking. Dengan memberikan self reward, kita telah membantu membangun pola pikir positif dalam diri sendiri. Sehingga kita bisa memandang segala sesuatu dari paradigma yang lebih jernih.

Pentingnya Self Reward (Photo by Vlada Karpovich from Pexels)

Contoh Self Reward Sederhana yang Efektif dan Tidak Menguras Kantong

Self reward bukan berarti boros. Kita bisa kok memberikan penghargaan kepada diri sendiri dengan cara yang sederhana dan tidak menguras kantong. Jangan salah, bentuk self reward seperti ini pun tetap efektif sebagai bentuk mencintai diri sendiri.

Saya sudah membuktikan sendiri hasilnya, nih. Berikut beberapa contoh self reward sederhana yang rutin saya lakukan. Simak, yuk!

1. Membaca Novel

Setiap orang tentu memiliki kegemaran berbeda-beda. Kalau kamu juga suka membaca novel, kamu bisa menjadikannya sebagai bentuk self reward sederhana yang bisa dilakukan. Setelah lelah bekerja dan beraktivitas seharian, berikan hadiah pada diri sendiri dalam bentuk waktu luang untuk membaca novel.

2. Menonton Drama Series

Contoh self reward lainnya adalah dengan menonton drama series. Pasti banyak nih teman-teman yang suka menonton drama Korea. Saya juga suka menonton drama Korea sebagai bentuk self reward. Selain drama Korea, drama seri Indonesia yang tayang di berbagai aplikasi menonton video juga banyak yang bagus.

3. Bermain Game Online

Saya dan suami sama-sama suka sekali bermain game online. Sejak dulu kami sering mencoba berbagai jenis permainan, baik game offline maupun online. Kami juga sering membahas tentang game yang hits banget waktu kami kecil dulu. Apalagi kalau bukan Solitaire, kamu juga pernah main game ini kan?

Kamu sudah tahu belum kalau permainan kartu Solitaire bisa diakses gratis melalui website yang aman, terpercaya, dan tanpa iklan? . Iya, alamat website-nya adalah solitaire.org. Selain permainan kartu Solitaire, ada banyak pilihan games lainnya yang bisa kamu mainkan sebagai bentuk self reward yang murah meriah dan menyenangkan.

Saya sendiri dari dulu memang suka main game Solitaire, terutama Solitaire Klasik. Cara bermain permainan ini adalah dengan mengurutkan 52 kartu yang terbagi menjadi 4 jenis kartu berbeda yang di Indonesia disebut Waru, Wajik, Keriting, dan Hati. Kartu-kartu tersebut harus diurutkan mulai dari Kartu AS, King, Queen, Jack, sampai dengan kartu angka 2. Kalau kita belum paham caranya jangan khawatir, nanti ada panduannya, kok.

Gak perlu menguras kantong, kita bisa memberikan self reward dengan bermain game secara GRATIS. Selain game Solitaire klasik, ada banyak permainan kartu lainnya modifikasi dari game Solitaire. Bahkan, bukan hanya permainan kartu, kita juga bisa pilih permainan favorit dari berbagai macam kategori, antara lain Logic Puzzle Games, Word Games, Mahjong Games, Hidden Object Games, Match Games, dan lain-lain.

Saya juga suka permainan dalam kategori Word Game di website ini, salah satunya game Letter Scramble. Kita jadi tertantang untuk menyusun huruf dan kata. Melatih fokus, kreativitas, sekaligus bisa menambah kosa kata dalam bahasa Inggris juga. Banyak manfaatnya!

Nah, itu dia penjelasan tentang arti self reward, manfaat self reward, dan contoh self reward yang tidak menguras kantong. Kamu bisa menyesuaikan bentuk self reward sesuai dengan kegemaran masing-masing. Yang paling mengetahui apa yang dapat menjadi sumber kebahagiaan kita adalah diri sendiri. Jangan lupa bahagia, ya!

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

Terima kasih sudah meninggalkan komentar