Kursus SEO Online di Kelas Gratis BRT Network

By Mayawa Gi - Desember 08, 2021

Kursus SEO Online di Kelas Gratis BRT Network

Kursus SEO online diperlukan agar dapat memahami apa itu SEO dan bagaimana cara menguasai SEO. Memang sih, banyak artikel tentang belajar SEO untuk pemula yang dapat dipelajari sendiri melalui internet. Namun, bisa dibilang kelas gratis BRT Network merupakan kursus SEO terbaik untuk pemula.

Buat kamu yang pernah ikut kelas BRT Network, baik kelas gratis maupun berbayar, tentu sudah bisa menilai sendiri, ya. Ada banyak suka, duka, dan berbagai pengetahuan baru yang bisa didapatkan.

Kali ini, saya berkesempatan ikut pelatihan Search Engine Optimization (SEO) yang diselenggarakan BRT Network. BRT Network sendiri merupakan arena bermain dan belajar bagi para blogger untuk saling berbagi ilmu dan update dunia blogging sehingga bisa tumbuh bersama.

Jika kamu tertarik belajar SEO untuk pemula dan ingin tahu bagaimana cara menguasai SEO,  mungkin kelas gratis BRT Network ini cocok buatmu. Berikut ini gambaran kursus SEO online gratis yang saya ikuti di kelas BRT Network.

Materi Kursus SEO Online Kelas Gratis BRT Network

Bagi orang awam, mengikuti pelatihan Search Engine Optimization (SEO) bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu luang agar dapat konsentrasi dalam memahami teori dan langsung mempraktikkannya.

Pada kursus SEO online gratis BRT Network yang saya ikuti ini ada 6 orang coach, yaitu Kak Punto, Kak Monica, Kak Priyo, Kak Marita, Kak Zen, dan Kak Gilang. Para coach siap membantu peserta belajar SEO untuk pemula. Eh, tapi bukan pemula-pemula banget sih. Setidaknya peserta sudah harus memiliki blog TLD dan pengetahuan dasar tentang SEO.

Materi tentang apa itu SEO dan bagaimana cara menguasai SEO dibahas melalui forum diskusi terbuka di grup Whatsapp. Ada jadwal untuk online video meeting juga melalui Google Meet. Pokok bahasan diberikan secara bertahap oleh para coach.

Beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan Search Engine Optimization (SEO) kali ini, antara lain dalam penjelasan berikut.

Meta Seo Inspector

Materi ini membahas tentang penggunaan extensions Chrome yang bernama "Meta SEO Inspector". Kemudian, peserta diberikan tugas untuk memperbaiki blog masing-masing sesuai dengan hasil inspeksi dari tools tersebut.

Ya ampun, kalau saya tulis gambarannya saja seperti ini terlihat sederhana, ya? Dalam praktiknya, dua hari dua malam begadang, hahaha. Kalau yang struktur homepage blognya sudah rapi dan SEO friendly tentu bisa santai. Tapi saya sendiri cukup banyak melihat warning dari Meta SEO Inspector, artinya banyak bagian blog saya yang perlu dibenahi.

kelas gratis BRT Network kursus SEO terbaik untuk pemula

Optimasi Image

Selain membuat tampilan blog post lebih menarik, adanya gambar juga bisa dioptimasi untuk mendukung SEO on page. Kadang-kadang keyword yang disematkan pada judul dan badan artikel belum berhasil ada di halaman pertama pencarian Google, namun keyword pada gambar yang menjadi pintu masuk traffic ke website.

Jadi, sebelum mengunggah gambar pada blog, sebaiknya nama file gambar diubah menjadi keyword. Penamaannya menggunakan tanda penghubung strip (-). Misalnya, kasih nama file gambar kursus-seo-online.jpg.

Kemudian jangan lupa untuk melengkapi alternatif atau ALT image. Isi ALT image ini dengan kalimat alternatif selain kata kunci utama. Namanya juga alternatif yekan, tentu berbeda dengan keyword utama yang ingin ditargetkan.

Memang, ilmu itu bukan cuma untuk diketahui, tapi harus diamalkan. Sebagian besar parameter SEO ini telah saya ketahui, namun sangat jarang dipraktikkan. Saking malesnya dan keseringan self reward nih. Di samping itu, ternyata banyak detail yang perlu diperhatikan dalam menerapkan teknik SEO on page.

Google Analytics dan Google Search Console

Penggunaan Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC) sangat penting bagi blogger. Selain dapat digunakan untuk analisis performa blog, beberapa klien yang bekerja sama sering kali meminta laporan data dari GA dan GSC.

Di kursus SEO online gratis BRT Network ini diajarkan bagaimana cara memasang Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC). Selain itu, dibahas juga indikator apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara membaca data di GA dan GSC.

Parameter SEO on Page

Bagaimana cara membuat artikel SEO? Membuat artikel SEO merupakan pekerjaan saya sehari-hari. Apakah saya bisa dengan mudah mengerjakan tugas yang diberikan? Ternyata belum tentu. Ada 18 parameter SEO on page yang harus dipenuhi untuk membuat satu blog post yang SEO friendly dan meningkatkan performa website.

Di sini saya tidak menyebutkan semua parameter SEO on page yang diajarkan, mungkin akan saya ulas pada post berikutnya. Sebagai contoh saja, berikut ini beberapa parameter SEO on page yang sebaiknya dipenuhi.

Penempatan Keyword

1.      Keyword di Judul

Kata kunci atau keyword harus ada di judul. Perlu diperhatikan bahwa panjang judul sebaiknya tidak lebih dari 55 karakter. Di atas 55 karakter, maka Google tidak dapat menampilkan judul secara lengkap.

2.      Keyword di Awal Judul

Usahakan untuk menempatkan keyword pada bagian awal dari judul, bisa kata pertama atau seawal mungkin. Hal ini sangat baik untuk membuat sebuah artikel SEO friendly. Bagaimana jika tidak bisa? Ya, manusia hanya bisa berusaha.

3.      Keyword di Permalink

Penempatan kata kunci atau keyword di permalink juga sangat penting sebagai salah satu teknik SEO on page. Perlu diperhatikan bahwa panjang permalin atau URL post maksimal 75 karakter termasuk https dan kode lainnya.

Baca juga : Strategi Service Marketing

Kursus SEO terbaik untuk pemula belajar SEO

Suka dan Duka Belajar SEO untuk Pemula di Kelas BRT Network

Sebagai kursus SEO terbaik untuk pemula, kelas gratis BRT Network ini mengkondisikan peserta untuk aktif selama proses belajar. Istilahnya, bukan disuapin coach, melainkan harus aktif berusaha memahami materi, menemukan penyebab masalah, dan menemukan solusi sendiri.

Terus terang saya sendiri merasa keteteran mengikuti pelatihan Search Engine Optimization di kelas BRT ini. Saya mulai ngeblog sejak tahun 2014, tapi sama sekali tidak serius untuk menekuni dunia blogging. Dapat dikatakan, saya masih sangat awam dengan berbagai istilah blogging.

Untungnya saya termasuk orang yang ambisius, hehe. Walaupun awalnya bingung dan ingin menyerah karena enggak paham sama sekali, tapi sedikit demi sedikit saya tercerahkan. Satu demi satu masalah di blog saya dapat diselesaikan. Yeayy!

Kalau ditanya siapa coach favorit bingung juga sih. Semuanya sangat membantu dan memberi penjelasan yang gamblang. Semua coach di BRT Netowrk keren.  Tapi kalau harus pilih salah satu, saya vote Kak Priyo.

Teman satu kelompok saya, Kak Nurul Fitri bilang kagum dengan metode belajar di kelas BRT Network. Ritme belajarnya memang cepat sehingga peserta harus cekatan juga menyimak berbagai pertanyaan dan jawaban yang dibahas di grup.

Para coach tidak pelit bagi-bagi ilmu serta menjawab pertanyaan para peserta dengan cepat dan terperinci. Bahkan, kode-kode hml pun tidak pelit dibagikan kepada para peserta. Sehingga berbagai problem blog dapat diselesaikan.

Kalau kata Kak Sylviana, teman satu kelompok saya juga, ikut kelas BRT ini seperti ikut kelas beneran. Yekan emang beneran, hihi. Kak Sylvana bilang suka dengan pelatihan Search Engine Optimization di kelas BRT karena langsung praktik. Para coach siap membantu permasalahan para peserta.

Kesimpulan

Untuk bisa memiliki website atau blog dengan performa baik perlu usaha yang serius dan berkelanjutan. Tentu tidak mudah. Yang pasti bakalan capek, ngantuk, lapar, bosan, hahaha. Tapi hasil yang didapatkan juga akan sepadan. Jadi, semua kembali pada diri kita masing-masing.

Ketika saya menulis dan posting artikel ini, kursus SEO online di kelas gratis BRT Network yang saya ikuti masih berlangsung. Akan ada eliminasi bagi peserta yang tidak lolos kualifikasi di akhir pekan nanti.

Saya dan teman-teman kelompok G berharap bisa terus mengikuti pelatihan SEO ini sampai selesai. Mudah-mudahan ilmunya dapat langsung kami praktikkan dan semakin bermanfaat seluas-luasnya. Terima kasih untuk para coach dan BRT Network yang telah memberikan kesempatan untuk belajar.

Sumber gambar : Pixabay.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments