#SuamiIstriMasak Bersama Jadi Quality Time Andalan

By Mayawa Gi - Desember 07, 2022

 

Suami istri Masak Kecap ABC

Masak merupakan salah satu life skill, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Namun ternyata pandangan masyarakat masih saja ada yang membebankan tanggung jawab memasak hanya pada seorang istri, sehingga suami turun ke dapur dianggap hal tabu, hmmm...

Saya sendiri hobi memasak, tentu saja suami saya tidak, hehe. Akan tetapi demi keharmonisan rumah tangga, kami hampir selalu masak berdua. Setidaknya, suami pasti menemani saya di dapur saat saya sedang memasak. 

Beliau bisa membantu mengambilkan sesuatu, atau sekadar mengelus-elus punggung saya dan semacamnya. Tidak jarang suami saya ikut mengupas bawang, menghaluskan bumbu, menumis, dan lain-lain. Ini berlangsung sejak awal pernikahan kami 15 tahun lalu.

Fyi, saya langganan catering untuk makan sehari-hari. Jadi momen masak berdua tersebut biasanya kami lakukan sebagai alternatif quality time di akhir pekan saja. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, diantaranya mempererat kasih sayang dan saling pengertian antara suami dan istri.

Saya menulis ini karena terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak Kecap ABC di Youtube. 

Memang benar, beberapa teman saya pun bercerita bahwa suami mereka jarang dilibatkan di dapur. Ada banyak kekhawatiran khususnya dari para istri kalau suami terlibat di dapur malah bikin makin berantakan, rasa makanan diragukan, dan lain-lain.

Nah, di sini saya mau membuat testimoni kalau sebaiknya para istri tidak perlu khawatir akan kerepotan dan rasa masakan hasil kolaborasi dengan suami. Tentu saja kondisi setiap rumah tangga berbeda, namun segala sesuatunya bisa diupayakan.

Suami saya juga pada mulanya tidak percaya diri saat masak bersama di dapur. Tapi pelan-pelan bisa disampaikan dengan baik apa yang bisa dilakukan untuk membantu serta saya ajarkan how to do sesuai preferensi memasak saya.

Sebagai contoh cara mencuci ayam harus di air mengalir dan kalau ada sisa bulu-bulu halus perlu dibersihkan. Lalu cara mengupas bawang biar enggak terlalu banyak yang dibuang, kupas kulit arinya saja. Soalnya dulu suami mengupasnya pakai pisau dan banyak kebuang bawangnya, kan sayang...

Masalah rasa makanan yang 'kurang sempurna' adalah hal biasa, tidak perlu diributkan. Andalan saya kecap ABC yang mampu membuat masakan lebih kaya rasa dan disukai keluarga.

Biasanya kami masak menu simple namun kelezatannya tidak diragukan lagi. Yup, masakan favorit kami adalah ayam masak kecap. Biasanya suami yang mencuci ayamnya sementara saya menyiapkan bumbu. Kemudian kami memasaknya bersama. Kecap ABC akan menyempurnakan rasa masakan kami, makin menggugah selera!

Masakan kecap ABC

Seneng banget kecap ABC menginisiasi kampanye ini sejak tahun 2018. Kemudian pada tahun 2019 melakukan inisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Dilanjutkan pada tahun 2020 dengan kolaborasi platform edukasi yang melibatkan anak-anak dalam kampanye Hari Kesetaraan Perempuan. 

Mungkin masih ingat juga pada tahun 2021 kecap ABC berkolaborasi dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono untuk menekankan pentingnya kolaborasi suami dan istri di dapur. 

Saya pengen banget bilang ke banyak orang, #SuamiIstriMasak bersama di dapur itu kegiatan quality time andalan kami. Soalnya seru dan hemat budget juga. Ayo dong, yang belum pernah bisa coba. Nanti ketagihan deh, hihi.

Mengingat banyaknya manfaat dari kolaborasi suami istri di dapur, tidak ada salahnya jika menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin untuk quality time. Tidak perlu setiap hari, mungkin bisa di akhir pekan saat sedang tidak ada acara jalan-jalan. 



  • Share:
  • facebook

You Might Also Like

0 comments