Cara Mengelola Keuangan Keluarga di Momen Ramadhan dan Hari Raya

By Mayawa Gi - April 19, 2022

Cara Mengelola Keuangan Keluarga di Momen Ramadhan dan Hari Raya

Bagaimana cara mengelola keuangan keluarga yang tepat? Apalagi banyak kebutuhan yang harus dipenuhi selama momen Ramadhan dan hari raya idulfitri. Di sini peran perempuan sangat penting karena bisa menjadi pahlawan yang bertugas mengatur keuangan keluarga.

Materi tentang cara mengelola keuangan rumah tangga yang sering disampaikan di berbagai workshop maupun webinar telah terbukti efektif untuk diterapkan. Namun tentu saja kondisi setiap keluarga berbeda, sehingga diperlukan treatment khusus untuk masing-masing keluarga.

Setelah sebelumnya dibahas tentang cara mengatur uang belanja stok bahan baku, sekarang kita uraikan lebih lanjut tentang cara mengelola keuangan keluarga selama momen Ramadhan dan hari raya Idulfitri, termasuk cara memilih asuransi kesehatan rawat jalan terbaik.  Ikuti tips berikut, yuk!

Financial Check Up

Financial check up perlu dilakukan secara berkala agar kita mengetahui kondisi keuangan rumah tangga dan segera melakukan perbaikan jika diperlukan. Cara melakukan financial check up antara lain dengan melakukan evaluasi cashflow, review sumber pemasukan, dan cek cicilan utang.

Saya pribadi melakukan financial check up keluarga biasanya pada awal tahun, setelah tutup buku tahunan. Selain itu, saya juga menganalisis kondisi keuangan rumah tangga menjelang momen Ramadhan dan hari raya karena pada momen ini banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga saya bisa memastikan berapa budget yang aman untuk digunakan selama momen tersebut.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Buat Anggaran

Membuat anggaran merupakan salah satu langkah mengelola keuangan rumah tangga yang sangat penting. Oleh karena itu hampir di semua advice keuangan menyebutkan pon membuat anggaran. Dengan adanya anggaran yang jelas maka tujuan keuangan yang ingin dicapai akan lebih realistis dengan langkah-langkah yang pasti.

Anggaran keuangan rumah tangga selama momen Ramadhan dan hari raya tentu berbeda dengan anggaran rutin bulanan. Kita bisa menambahkan poin pemasukan tambahan seperti adanya THR, bonus hari raya, maupun keuntungan dari bisnis musiman. Selain itu, kita juga bisa mengalokasikan pemasukan tambahan tersebut untuk pengeluaran tambahan seperti pembelian baju lebaran, hampers, sajian open house, sedekah, dan zakat. Jangan lupa juga ada kewajiban membayar pajak.

 Menahan Diri

Mau bahas tentang keutamaan puasa di Bulan Ramadhan, tapi sebenarnya pasti teman-teman sudah paham, hehe. Intinya, godaan untuk mengejar kesenangan dunia memang sulit ditolak, namun sebaiknya kita menahan diri.

Ketika menahan tidak makan dan minum seharian, ada godaan untuk berbuka puasa dengan aneka macam menu yang mewah. Wah, kalau begini setiap hari tentu akan memengaruhi kondisi keuangan keluarga. Sebaiknya kita menahan diri dari pemborosan yang tidak perlu. Jangan sampai membeli terlalu banyak makanan dan minuman yang pada akhirnya malah terbuang sia-sia.

Selektif Memilih Makanan dan Minuman

Selain menahan diri dari pemborosan, perempuan sebagai pahlawan keluarga di momen Ramadhan juga perlu selektif dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Jadi, bukan cuma cek label harga ya, Bunda, tapi cek juga label kemasan secara cermat. Perhatikan kandungan gizi, registrasi kehalalan produk, masa kadaluarsa, dan lain-lain.

Memilih makanan dan minuman yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Apalagi selama Ramadhan kita perlu energi ekstra untuk melakukan ibadah terbaik. Jangan sampai ada anggota keluarga yang sakit, deh.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Pilih Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Selain mengganggu aktivitas beribadah, adanya anggota keluarga yang sakit juga bisa menguras dompet. Kondisi keuangan keluarga bisa gonjang-ganjing kalau tidak punya asuransi kesehatan. Yahh, Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya konsultasi ke dokter dan obat-obatan itu tidak murah, huhu.

Pilihlah asuransi kesehatan rawat jalan sebagai tambahan perlindungan bagi keluarga, jangan sampai THR habis untuk biaya berobat. Bagimanapun, datangnya penyakit sering kali tidak terduga. Kita harus memastikan semua anggota keluarga memiliki perlindungan asuransi kesehatan untuk mengalihkan risiko finansial dari musibah sakit.

Enggak perlu ribet, ada Asuransi Astra yang menawarkan produk asuransi rawat jalan cashless perorangan berbasis digital yang bernama Garda Healthtech. Dengan Garda Healthtech, kita bisa memilih paket pertanggungan sesuai kebutuhan. Ada paket Fit, Classy, dan Ultima. Berikut ini rinciannya.

paket pertanggungan asuransi Garda Healthtech
Sumber : Istimewa
Untuk mengaktifkan polis asuransi Garda Healthtech sangat mudah. Kita bisa melakukannya dari mana saja secara online melalui website gardaoto.com maupun melalui aplikasi halodoc di smartphone. Lumayan banget kan bisa hemat tenaga di saat puasa, heuheu. Ikuti langkah praktis berikut, ya.

cara mengelola keuangan keluarga
Sumber : Istimewa

Perempuan sebagai pahlawan keluarga saat Ramadhan harus cermat mengelola keuangan rumah tangga. Disiplin menerapkan cara mengelola keuangan keluarga yang tepat dan memilih asuransi kesehatan rawat jalan Garda Healthtech merupakan salah satu kuncinya.

Cara Mengelola Keuangan Keluarga


  • Share:
  • facebook

You Might Also Like

0 comments